Old Computer Games (Part 1)

Tulisan ini dibuat bagi anda yang menyukai game-game classic yang mungkin anda tidak bisa dapatkan lagi di toko-toko bahkan di glodok dan mangga dua sekalipun.

Semua resources game-game klasik, saya dapatkan dari internet dan saya coba share untuk anda. Selamat Mencoba

A:\> Komputer Game Tertua yang pernah dibuat

Sepanjang penelusuran saya di internet. Pertama kali game komputer yang pernah dibuat adalah game yang berjudul “Colossal Cave Adventure” yang dibuat pada tahun 1977 oleh William Crowther & Don Woods. Game ini pun didesign bukan untuk PC yang berbasis DOS melainkan untuk PC yang berbasis CP/M (Control Program for Microcomputers).

William Crowther sendiri merupakan seorang Developer yang bekerja di ArpaNet pada waktu itu. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa ArpaNet merupakan lembaga yang berada di bawah Departement Keamanan Amerika Serikat yang merupakan cikal bakal terciptanya Internet. Oleh karena itulah rasa-rasanya game ini hanya bisa dimainkan oleh segelintir orang, paling hanya orang-orang di sekitar Arpanet dan kampus-kampus IT, meskipun demikian di kalangan mereka pada jaman dulu game ini sangat terkenal.

Genre game ini sebenarnya “Text Adventure” yang notabene tanpa graphic dan hanya merupakan text based. Artinya anda harus mengetikkan suatu perintah untuk melakukan sesuatu dengan sedikit shortbrief tentang kondisi saat ini. Tentunya game ini mengajak anda untuk berpikir dan sedikit berkhayal tentang petualangan di gua.

Adventure of Colossal Cave
Adventure of Colossal Cave

Terus terang karena saking lamanya game ini, anda harus sedikit berjuang cukup keras untuk memainkannya. Karena game ini bukan berbasis DOS tetapi menggunakan berbasis CP/M anda harus menggunakan emulator untuk memainkan game ini. Tetapi hal ini bukannya tidak mungkin, tidak bisa dimainkan. Berterimakasihlah kepada para pecinta game klassik yang rela menyediakan waktunya untuk menciptakan beberapa emulator untuk memainkan game ini. Salah satu emulator yang cukup baik adalah Winfrozt yang terakhir direlease versi 5.3.

Bapaknya DOS
Bapaknya DOS

Berikut cara memainkan game ini :

  1. Download Winfrotz 5.3, anda bisa download emulatornya di sini http://mirror.ifarchive.org/if-archive/infocom/interpreters/frotz/WinFrotzR53.zip atau http://www.pcworld.com/downloads/file/fid,22456-order,4-page,1/description.html
  2. Jika anda extract file pada point 1. Sudah dimasukkan 2 game yaitu : Advent.z5 (Adventure of Colossa Cave) dan Freefall.z5 (Tetris, 1st tetris may be). Jika tidak ada anda bisa download gamenya gratis di http://www.abandonia.com/en/games/225/Adventure.html. Abandonia merupakan salah satu situs game lama yang terpopuler yang saya tahu.
  3. Jalankan Winfrotz, kemudian pilih menu File – Open New Story. Kemudian buka file game nya yang ber-extension .z5. Misalnya game Adventure dengan nama filename advent.z5.
  4. Silahkan main gamenya. Untuk cara bermainnya, menurut resources-resources yang saya baca di internet bahwa untuk memainkan game ini anda harus mengetikkan huruf yang ada di compass seperti : (N)orth, (S)outh, (W)est, (E)ast, NE, NW, SE dan SW.
  5. Jika ingin keluar tinggal ketik “Quit”.

Kesan pertama memainkan game ini pasti mengingatkan anda pada game Kings Quest yang sangat terkenal itu. Game ini merupakan sumber inspirasi Roberta Williams dalam membuat Mystery House yang merupakan Adventure game yang menggunakan Text dan Graphics tetapi tanpa warna, suara dan tanpa animasi, tetapi yang paling terkenal adalah serial Kings Quest yang merupakan the best seller game pada era tahun 80-90an. Tidak salah lagi jika Adventure of Colossal Cave diklaim merupakan Adventure game tertua yang pernah diciptakan.

Other Sources :
http://users.actrix.co.nz/stevgrif/howplay.htm
http://en.wikipedia.org/wiki/William_Crowther
http://en.wikipedia.org/wiki/CP/M
http://en.wikipedia.org/wiki/Arpanet
http://www.abandonia.com

B:\> Roberta Williams – Mystery House to Kings Quest Saga (the best seller adventure game)

Pada akhir tahun 1970an, Ken Williams yang merupakan suami dari Roberta Williams, sedang mendevelop software untuk Apple II komputer yang pada waktu itu sedang naik daun dan Bill Gates masih belum ada apa-apanya dibandingkan dengan Steve Jobs. Secara tidak sengaja dia menemukan game Adventure of Colossal Cave. Setelah mereka berdua memainkan game tersebut, timbulah di dalam benak pikirannya untuk membuat game serupa tetapi dengan menambahkan graphic untuk dilempar ke pasar karena ternyata pada waktu itu di pasaran belum ada game seperti ini.

Melihat kesempatan yang ada Ken Williams kemudian menghabiskan waktu beberapa malam untuk membuat Mystery House yang merupakan text based adventure tetapi dengan menambahkan graphics (hanya berupa kubus dan sangat terbatas) dan direlease di toko komputer setempat dengan harga USD 24.95. Dan ternyata game ini meledak di pasaran hingga 10.000 copy.

Mystery House for Apple II Systems
Mystery House for Apple II Systems

Melihat antusias pasar game yang besar serta tak tergarap maka the Williams (Suami dan Istri), memutuskan untuk membuka perusahaan game software ketimbang professional software yang mereka lakoni sebelumnya. Software Game inilah yang dinamakan On-Line Systems yang kemudian selanjutnya pada tahun 1982 diganti namanya menjadi Sierra On-Line. Dan pada era tahun 1980an menciptakan game yang sangat terkenal dan meledak dipasaran komputer game yaitu serial King’s Quest.

Nah jika anda pernah hidup pada tahun 1980an maka serial King’s Quest tentunya tidak asing lagi bagi para pecinta game petualangan. King’s Quest pertama kali diciptakan pada tahun 1984 dengan judul “Quest for the Crown”, dilanjutkan pada King’s Quest II: Romancing the Throne (1985), King’s Quest III:
To Heir is Human (1986), King’s Quest IV: The Perils of Rosella (1988), King’s Quest V: Absence Makes the Heart Go Yonder! (1990), King’s Quest VI: Heir Today, Gone Tomorrow (1992), King’s Quest VII: The Princeless Bride (1994) kemudian yang terakhir adalah King’s Quest: Mask Of Eternity (1998) dalam versi CD-ROM.

King's Quest I Ending
King’s Quest I 

Nah bagi anda benar-benar ingin bernostalgia King’s Quest yang pernah mengalami masa Golden Age pada waktu itu. Anda bisa mendapatkan melalui :

  1. Meskipun Sierra yang sekarang ini bukan dimiliki oleh Ken & Roberta William lagi, ternyata Sierra masih berbaik hati menyediakan game-game klasik Sierra dengan motto “Revive Gaming History”. Anda bisa membeli semua serial King’s Quest 1-7 yang berjudul “King’s Quest Collection” dengan harga sekitar USD$ 20. King’s Quest Collection konon juga menyertakan DOS Emulator software yang bernama “DosBox” supaya game-game lama ini bisa dimainkan di PC modern sekarang yang notabene sulit untuk memainkan game-game lama. Anda bisa membelinya di sini http://classics.sierra.com/us/kingsquest/
  2. Bagi anda yang ingin memainkan game King’s Quest hasil ‘unofficial remake’, anda bisa mendownload gamenya gratis! Adapun remake dibuat adalah supaya pecinta King’s Quest bisa memainkan game King’s Quest dengan graphic dan sound yang jauh lebih bagus ketimbang yang aslinya. Mengingat cerita yang diusung King’s Quest sangat bagus dan menarik.
  3. Atau bagi anda yang ingin mencicipi versi klasiknya tapi ogah untuk membayar. Anda bisa mendownload di http://www.abandonia.com/en/search_abandonia/kings+quest atau di http://dosgamer.com/search/games/?k=kings%20quest tetapi khusus di dosgamer.com anda harus register untuk bisa mendownload gamenya.
    • Meskipun anda sudah mendownload gamenya, ada beberapa seri King’s Quest yang harus memerlukan DOSBox untuk memainkannya karena incompatibilitas dengan Windows XP, apalagi jika anda pengguna Linux. Silahkan anda download emulatornya di sini http://www.dosbox.com/download.php?main=1

Other Sources :
AGD Interactive Studios – http://www.agdinteractive.com/
Ken & Roberta Williams Official Website – http://www.sierragamers.com/aspx/templates/blank.aspx/msgid/51296
http://en.wikipedia.org/wiki/Kings_Quest
http://everything2.com/e2node/Roberta%2520Williams
http://en.wikipedia.org/wiki/DOS

Nah jika anda sudah menikmati game-game tersebut, selanjutnya saya ingin bagi-bagi lagi mengenai salah satu game antik lainnya yang sangat terkenal yaitu Romance Of The Three Kingdoms, so jangan kemana-mana, ketemu saya di Part 2

The saga will continue…..

7 Replies to “Old Computer Games (Part 1)”

  1. hi Jo,
    Gw dulu suka (maniak) banget dengan King’s Quest. Layarnya masih CGA. Yang versi 1 nggak (belum tau) bisa di save, jadinya mesti main berkali-kali sampai abis 🙂 Terakhir main cuma sampai yang versi VI, yang judulnya Heir Today, Gone Tomorrow

  2. yah kembali ke kodratnya saja,
    Dunia ini di pake bareng-bareng toh manusia mati gak mikirin wilayah, hanya orang hidup yang butuh wilayah!!!
    inga.. inga…

    Di pihak israel memandang secara politik,
    dan di pihak palestinapun memandang secara politik juga
    tapi orang tolol terus nimbrung dengan mengikrarkan masalah “agama”
    ya.. nggak jelas kapan berakhirnya dong….. muter aja terus terus
    hi.. hi…

  3. Semua game jaman dulu mengingatkan gw waktu pertama bisa komputer, hehehe… Dulu gw maen game syndicate for DOS, sama yang paling pavorit Transport Tycoon-nya Sid Meier itu loh yang ngatur-ngatur manjemen transportasi. Seru deh..! Bisa begadang sampe diomelin terus sama emak gw takut listrik mahal….

Leave a Reply