Mengapa Hitler membenci Komunisme Uni Soviet?

Tahun 2006 silam saya sangat terkesima menonton film “Downfall” (Der Untergang) yang menceritakan detik-detik terakhir kekalahan Jerman pada Perang Dunia II & detik-detik menjelang akhir yang kelam bagi Hitler. Film ini benar sangat menarik karena Hitler diceritakan dengan sangat netral (bukan seperti film-film Hollywood yang kita tonton menggambarkan Hitler yang sangat kejam meskipun memang dia kejam) dan diceritakan dengan gaya yang menurut saya lain daripada yang lain.

Digambarkan bahwa Hitler masih mengganggap bahwa Jerman khususnya Berlin yang sudah dikepung oleh pasukan merah (Red Army – Uni Soviet) masih memiliki kekuatan militer padahal kekalahannya sudah ada di depan mata. Saya tidak bisa menceritakan film ini secara panjang lebar namun singkatnya bahwa ketika Hitler menyadari bahwa dia sudah kalah, ketimbang dia menyerahkan diri maka dia memutuskan untuk bunuh diri bersama dengan Eva Braun yang merupakan kekasih sekaligus sekretarisnya.

Kemudian dia menunjuk kepada Jenderal Karl Donitz sebagai penggantinya dan pada akhirnya diwakili Jenderal Alfred Jodl (Panglima Militer Tertinggi) sebagai perwakilannya untuk menyerah kepada Amerika (Western Allied),  bukan kepada Uni Soviet. Padahal Uni Soviet jelas-jelas secara de facto yang berhasil mencapai Berlin.

Karena ini juga sejalan dengan perkataan Hitler yang disampaikan kepada pembantu-pembantunya sebelum dia melakukan bunuh diri. Kata-kata yang diucapkan cukup menarik perhatian yang bernada kurang lebih sebagai berikut : “Don’t give up with bolsheviks dogs, just surrender with America”.

Inilah yang jadi pertanyaan saya kenapa harus menyerah kepada Sekutu Barat (Amerika & Inggris)? Bukan kepada Uni Soviet yang secara de facto berhasil mencapai Berlin?

Akhirnya saya baru bisa memahami ketika saya membaca Kompas tentang 90 tahun pencarian putra tsar & keluarga tsar terakhir Rusia ditemukan. Membaca kata “komunis” & “Bolsheviks”, ternyata saya langsung teringat kata-kata Hilter pada film “Donwfall” yang pernah saya tonton itu.

Meskipun komunisme dan Nazisme itu sama radikalnya & menghalalkan segala cara untuk mencapai sesuatu tetapi ternyata mereka mempunyai pandangan & ajaran yang sangat berbeda. Komunisme memiliki filosofi tentang persamaan kelas dan persaudaraan yang universal, sehingga tidak ada kelas masyarakat kaya maupun miskin. Sedangkan Nazisme adalah suatu gerakan yang berdasarkan filosofi bahwa bangsa Jerman adalah ras yang paling unggul dibandingan bangsa lain yang merupakan ras yang lebih rendah (inferior).

Oleh karena perbedaan pandangan & ideologi, maka bisa dimengerti kenapa akhirnya Hitler lebih suka menyerah kepada Sekutu Barat ketimbang Sekutu Timur (Uni Soviet) yang memiliki paham Komunisme.

Mungkin bisa jadi Hitler membenci juga Uni Soviet karena Revolusi Bolsheviknya bertanggung jawab atas pembersihan golongan “upper class” (kaya, bangsawan, pejabat, dll) di Russia sampai pada pembunuhan Keluarga Kerajaan Tsar Russia yang sangat tragis karena sampai sekarang tidak ada lagi keturunan tsar Russia yang masih hidup. Hubungannya adalah karena konon Hitler berasal dari golongan “upper class” juga yang bisa jadi tersinggung dengan apa yang telah diperbuat oleh kaum Bolshevik. Siapa tahu?

28 Replies to “Mengapa Hitler membenci Komunisme Uni Soviet?”

  1. Maksud kontrak number gimana boss, bisa gratis gak. Klo bayar berapa n kemana, thanks

    Bener-bener gratis, syaratnya anda harus mempunyai license Lotus Notes & Domino 8.0.1 (jika anda mempunyai Lotus Domino & Notes versi 7.x below no problem you can download too, asal anda rajin membayar IBM Contract Service Maintenance setiap tahun).

  2. Hittler merupakan orang fasisme bukan komunisme.

    menurut saya,
    sejak kecil hitler dididik untuk mengerti apa itu yang disebut cita rasa, makanya dia benci komunisme
    karena komunisme itu orang yang tak punya cita rasa tinggi………………………………………………………………

  3. komunisme itu menarik untuk dipelajari…. coz paham ini banyak nyimpen kontroversi, namun mengedepankan kesamaan dan kemerataan sosial… dan sangat menarik ketika mengetahui kalo hitler yang fasis juga anti komunis… tapi dipikir-pikir… liberalisme sama bahaya dengan keduanya…

  4. Wueeeh,,, Der Untergang Filmnya kereen bgt,!!!

    btul-btul film dg cita rasa JERMAN asli,,, bukan buatan Hoolywod itu, yg bnk khyalan2ny…

    btw, Hitler digambarkan berlwnan dg yg di rise of evil yach..??

    Hebat, Oliver Hirschbiegel… salut gw

  5. menurut saya, Hitler sangat membenci komunisme karena komunisme tersebut didirikan oleh seorang yahudi, yaitu Karl Marx. Dan, semua orang juga tahu bahwa Hitler anti-yahudi.

  6. Arief said: “Hitler sangat membenci komunisme karena komunisme tersebut didirikan oleh seorang yahudi, yaitu Karl Marx. Dan, semua orang juga tahu bahwa Hitler anti-yahudi.”
    I said: Dalam bukunya, Perang Eropa, P.K. Ojong menuliskan bahwa kemungkinan Hitler ini juga turunan Yahudi. Jadi…?

  7. jika saja presiden indonesia bisa seperti itu dan dpat menguasai asia.btapa bangga smua rakyat,,dan kmiskinan akan berkurang

  8. Hitler merupakan orang yang mendirikan nazisme dan bersifat fasisme.intinya walaupun Hitler benci komunis tetap saja dua-duanya benci agama

  9. sebenernya Hitler berkata “Don’t give up with bolsheviks dogs, just surrender with America”. pertanyaanya, darimana kalian tahu bahwa hitler bicara gini?. ini tuh cma kebohongan publik pda waktu itu, krna pda waktu itu yg menguasai berita dunia itu tuh Aliansi barat(USA) dan setau saya bener, aliansi timur(Unisovyet) cenderung tertutup ! Dan guru ips saya prnh bicara gni “sejarah bisa jga berbohong”, jdi, Uni sovyetlah yang bnar2 Melibas Nazi, bukan amerika. tapi amerika memutar balikan fakta melalui media massa dunia pda waktu itu ! ambil contoh, film rambo. pda waktu Perang vietnam uni sovyetlah yang menang, namun Amerika memutar balikan fakta kembali bahwa amerika lah yg menang lawan sovyet di vietnam melaliu film rambo ! trima kasih. mngkin pendapat saya bsa di dalami, atau di koreksi dngan pendapat kalian !

    1. @dicky: sbnrnya perkataan hitler mengenai lebih baik menyerah thd amerika krn kesaksian dari para jendral terdekatnya pada detik2 jatuhnya berlin. boleh dibilang downfall merupakan film yg otentik krn based on fact n witness. perlu diketahui jg bahwa eropa barat pun mengakui bahwa jerman kalah jg krn andil dari soviet dan kejatuhan berlin itu krn jasa soviet. pengadilan kejahatan perang nazi di nuremberg pun soviet ikut ambil alih. menurut saya sejarah tidak bs berbohong meskipun mungkin bs diceritakan berbagai versi. jika anda menonton rambo pun, di siti tersirat bahwa amerika sbnrnya kalah perang meski tdk diceritakan atau ditonjolkan. itu mnrt pendpt sy

    1. @gerombolan kremlin: Kalau melakukan genosida ITU namanya bukan menghalalkan segala cara? Jadi menurut anda apa yg disebut menghalalkan segala cara? saya rasa anda yg salah krn termakan cerita konspirasi yg non based on fact

  10. Hitler membenci Bolsheviks dan Slavia…sama seperti dia membenci yahudi….karena dia berpaham fasis…dia memandang semua bangsa rendah kecuali anglo saxon (britania/ as) karena dianggapnya sederajat

  11. Hitler anti komunis karena ia menganut paham fasis yang menganggap bangsa jerman itu bangsa yg paling hebat dan tidak ada tandingannya. Sedangkan komunis lebih ke arah sosialis sama rata sama rasa,yang kita ketahui skg ini komunis itu kejam padahal aspek pahan komunis itu untuk menciptakan bangsa/negara yang sejatetra tanpa campur tangan kaum kapital yg berniat untuk menguasai negara. Mengapa tindkan komunis sangat radikal? Karena kaum proletar menginkan kemerdekaan yg nyata tanpa harus tunduk kepada penguasa yg berprilaku secara otoriter kepada rakyatnya. Yg jelas jelas menindas dan memeras tenaga rakyatnya untuk kemerdekaan personal untuk dirinya.Dan perlu di ketahui hitler dalam pembantaian hollocaustnya itu,hanya kaun yahudi miskin yg terbunuh dan yahudi yg kaya sudah melarikan diri ke beberapa negara lain. Dan dalam pembantaian itu bukan kaum yahudi saja yg di bunuh bahkan banyak kaum muslim pun tidak luput dari pembantaian oleh keganasan rezim nazi saat itu. Pokoknya di luar bangsa arya pasti akab di sapu bersih oleh nazi termasuk golongan gay. CMMIW

  12. Hitler bunuh diri belum ada bukti kuat, hanya dari mulut ke mulut. Kemungkingan besar melarikan diri. Sampai ada kabar kalau dia menjadi dokter di Sumbawa dgn nan dr. Poch

    1. Hitler bunuh diri dugaan sangat kuat karena bukti-buktinya banyak termasuk saksi. Justru kalau melarikan diri apalagi sampai ke Sumbawa itu tidak lebih dari gosip saja

  13. @Ikrar Aditya, yakin banyak muslim yg juga ikut d bantai sama hitler? udah pernah dengar pasukan waffen ss divisi mountain ke 13 bernama HANZAR? itu anggotanya muslim semua loh.

Leave a Reply