Lotus Notes Traveler Solusi Push email dari IBM

Meskipun rasa-rasanya agak terlambat akhirnya IBM merespon kebutuhan para kaum mobile untuk mem-push email mereka di handheld, dengan meluncurkan produk terbarunya yaitu IBM Lotus Notes Traveler pada tanggal 20 Februari 2008 yang lampau. Dikatakan terlambat karena Microsoft Exchange 2003 dengan Service Pack 2 nya telah lebih dahulu memperkenalkan tekhnologi push email yang disupport pada handheld berbasis Windows Mobile 2005 dan Windows Smartphone 2005. Bahkan jauh-jauh sebelum itu RIM (Research In Motion) memperkenalkan solusi push email dengan menggunakan Blackberry devices.

Dahulu para pengguna corporate Lotus Domino jika ingin menggunakan solusi push email, maka biasanya dilempar ke third party seperti commontime (mNotes) dan RIM (Blackberry). Saya pernah mencoba menginstall Solusi push email mNotes dari commontime dan ternyata installasinya terasa rumit dan direct technical support untuk di Indonesia masih belum tersedia. Sedangkan solusi push email dari blackberry, kita harus membeli license software yang cukup mahal belum lagi kita harus membeli handheld devicesnya. Rasa-rasanya blackberry masih merupakan barang mahal bagi para pengguna corporate untuk level small to medium.


Lotus Notes Traveler yang sangat ditunggu-tunggu ini bisa anda download di link http://www-306.ibm.com/software/lotus/products/notes/traveler.html, namun tentunya anda harus memiliki license IBM Lotus Domino untuk mendownload file ini. Lotus Notes Traveler berjalan di atas Lotus Domino 8.0.1, oleh sebab itulah disebut Lotus Notes Traveler diberi versi 8.0.1 karena membutuhkan Lotus Domino 8.0.1.

Lotus Notes Traveler Design

Meskipun demikian bagi anda yang masih bisa menggunakan Lotus Domino 7.x, anda bisa menginstall Lotus Notes Traveler hanya saja anda harus menginstall Lotus Domino 8.0.1 di server yang berbeda yang nantinya berfungsi sebagai push email gatewaynya. Seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Untuk installasi Lotus Notes Traveler boleh dibilang sangat mudah. Berikut cara-cara installasi Lotus Notes Traveler :

  1. Install dan configure Lotus Domino 8.0.1 (Jika anda menginstall Lotus Domino 8.0.1 sebagai additional server maka anda harus mereload design names.nsf setelah replikasi dari server Lotus Domino 7.0.x supaya tampilan Lotus Notes Traveler tab bisa tampil).
  2. Install Lotus Notes Traveler yang bisa anda download http://www-306.ibm.com/software/lotus/products/notes/traveler.html tentunya anda harus memiliki license IBM. Pada saat tulisan ini ditulis, IBM akan menanyakan Contract Number anda dan link akan dikirimkan melalui email jika permintaan anda sudah disetujui.
  3. Download dan install Lotus Notes Traveler clientnya ke dalam handheld Windows Mobile anda. Linknya anda bisa download melalui http://namaserverpushmail/traveler/index.html (Hanya Windows Mobile / Smarphone 2005-2006 yang support Lotus Notes Traveler, agak disayangkan memang).
  4. Isi field-field yang diperlukan pada handheld anda dan Lotus Notes siap dipakai.
  5. Jika ingin server push email anda ingin dipublish maka buka port HTTP (80), HTTPS (443) serta AutoSync (8642).

Saya mencatat beberapa keuntungan jika anda menggunakan solusi Lotus Notes Traveler sebagai solusi push email :

  1. Selain anda bisa melakukan menerima, mengirim serta mensynchronize email dengan server. Anda juga bisa melakukan synchronize Contact, task, calendar & notes. Lotus Notes Traveler memungkinkan user untuk menjalankan Lotus Notes di handheld seperti layaknya di PC Deskto dan hal itu bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun asalkan ada jaringan internet.
  2. Solusi murah dan tidak memerlukan third party software untuk melakukan push email. Pukulan telak bagi commontime dan mungkin blackberry. Kita lihat saja nanti.

Meskipun demikian ada beberapa hal yang patut dicatat oleh IBM untuk mengatasi beberapa kekurangan sebagai berikut :

  1. Perlu dikembangkan solusi Lotus Notes Traveler untuk para pengguna handheld berbasis Symbian, mengingat pengguna Pocket PC apalagi pengguna Windows Mobile 2005 ke atas, jumlahnya belum sebanyak pengguna Symbian yang terdapat pada handheld Nokia & Sony Ericsson.
  2. Lotus Notes Traveler belum mampu menjalankan aplikasi Lotus Notes pada handheld. Jika hal ini bisa dilakukan maka hal ini tentunya akan mengasyikan mengingat di mana pun kita bisa melakukan approval PO penting bahkan pada saat kita sedang liburan sekalipun.
  3. IBM baru-baru ini merelease informasi mengenai limitasi yang terdapat pada Traveler, anda bisa browsing dan lihat sendiri di http://www-1.ibm.com/support/docview.wss?&uid=swg21294477
  4. Sampai hari ini masih terdapat error yang kemungkinan adalah bug yaitu jika user mengirimkan email dari handheld ke domain internet (yang berbeda semisal Yahoo.com atau gmail.com) maka standard addressnya tidak berhasil berubah menjadi standard internet address. Sebagai contoh : user dengan address Gunawan/ACC/[email protected] mengirimkan email ke [email protected], maka addressnya tidak berhasil berubah menjadi [email protected], sehingga user [email protected] menerima email standard lotus notes address.

Jika anda penasaran seperti apa tampilan Lotus Notes Traveler, maka saya tampilkan screenshot berikut ini :

Lotus Notes Traveler Inbox Lotus Notes Traveler Email

Lotus Notes Traveler Calendar

Sumber :

Leave a Reply