IOS 6 & Iphone 5

Pada tanggal 21 september yang lalu, apple merilis iphone 5 dengan design layar yang lebih lebar dan design body yang lebih tipis dari sebelumnya.

Meski demikian, secara design dasar masih tetap merujuk pada design iphone 4 ataupun 4s.

Operating system yang digunakan pada iphone 5 adalah IOS 6. Fitur IOS 6 sudah dibenamkan apple map (utk menggantikan google maps) serta membuang youtube.

Mungkin bisa dimengerti jika apple memutuskan untuk membuang fitur tersebut karena mereka tidak ingin bergantung pada google yang sekarang juga sudah terang-terangan ingin bersaing dengan apple dengan produk androidnya.

Dari beberapa hasil googling & browsing, saya mencoba merangkumkan beberapa kelebihan & kekurangan iphone 5 dengan IOS 6 nya.

Kelebihan iphone 5:
1. Apple terkenal dengan design produk yang cantik dan elegan. Hal ini terbukti dengan design iphone 5 yang terlihat cantik dan tipis apalagi sekarang dgn layar lebih lebar. Saya menganggap utk masalah design produk, apple masih adalah terbaik di kelasnya.
2. Pada video youtube berjudul “drop test iphone 5 vs samsung galaxy s3”, iphone 5 menang drop test over samsung galaxy s3. Pada drop test tersebut samsung galaxy s3 layarnya retak sedangkan iphone 5 hanya lecet di pinggirnya.
3. Apple mengklaim bahwa kekuatan graphicnya terbaik karena chipset graphicnya memiliki 4 core. Apple boleh berbangga karena iphone 5 adalah smartphone pertama yang memiliki chipset graphic 4 core.
4. Dukungan dengan 700,000 aplikasi di app store. Masih terbanyak ketimbang google playstore.

Kekurangan iphone 5:
1. Dari sisi pricing, iphone 5 yang ditaksir akan berharga 8-9 jt jika masuk Indonesia adalah tergolong smartphone yang sangat mahal. Dan tentunya hanya kalangan tertentu yang bisa memilikinya.
2. IOS 6 membuang google maps. Meski digantikan dengan apple maps. Kualitas dan akurasi apple maps masih jauh ketimbang google maps.
3. IOS 6 membuang youtube sebagai aplikasi bawaan. Untungnya aplikasi youtube tersedia di apps store.
4. Ada lembaga survey yang mengumpulkan pendapat 16,000 pengguna ios 6, yang mayoritas mengatakan kecewa menggunakan ios 5. Tidak jelas apa yang dikecewakan tetapi kemungkinan salah satunya adalah fitur google maps dan youtube yang hilang dari IOS 6.
5. Tidak ada perubahan screen secara signifikan dari IOS 6. Dibandingkan dengan android yang suka melakukan perubahan scara revolusioner ketika berganti versi.

Paling itu dulu mengenai plus minus iphone 5. Nanti akan saya update lagi jika ada sesuatu yang baru

Leave a Reply