Bush datang, semua berang…

15 Januari 1974, ketika PM Jepang yang bernama Baron Tanaka datang ke Indonesia. Praktis Jakarta lumpuh karena demonstrasi menentang datangnya Baron Tanaka ke Indonesia. Ribuan demonstran yang mengamuk melampiaskan amarahnya dengan merusak kendaraan-kendaraan yang dilewatinya dan bangunan yang luluh luntak dibakar oleh api. Peristiwa tragis ini lebih dikenal sebagai Peristiwa Malari.

Jika mau pikir-pikir kedatangan Bush ke Indonesia mirip dengan peristiwa Malari pada tahun 1974. Bush maupun Tanaka sama-sama tidak disukai oleh sebagian rakyat Indonesia. Jika pada waktu itu mereka memprotes barang-barang import Jepang, maka sekarang para demonstran menentang kedatangannya ke Indonesia lantaran perang terrorisme dan sikapnya terhadap dunia Islam serta standar ganda terhadap Israel.

Konon biaya penyambutan dan pengamanan Bush memakan biaya 6 milliar rupiah. Suatu biaya yang bukan sedikit, cukup untuk membuat satu gedung sekolah. Belum lagi disambut dengan demonstrasi penolakan kedatangan Bush yang keras justru makin membuat kedatangannya ke Indonesia semakin heboh.

Demonstrasi merupakan sesuatu hal yang sah dilakukan sebagai ekspresi kita terhadap sesuatu. Oleh karena itu sah-sah saja jika kita merasa tidak suka terhadap Bush dan menolak kedatangannya di Indonesia. Akan tetapi pemerintah Indonesia tetap harus menerima kunjungan kenegaraan Bush ke Indonesia karena Indonesia memiliki hubungan diplomatik dengan Amerika Serikat dan itu diatur oleh aturan Internasional.

Suka ataupun tidak, Bush adalah tamu negara yang harus kita hormati. Justru kita harus menangkap momen ini untuk menyampaikan aspirasi kita kepada Bush yang mewakili kebijakan Amerika Serikat melalui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang mewakili pemerintah Indonesia. Karena kalaupun kita mengusir apalagi jadwal ini sudah diagendakan maka ini akan membuat posisi Indonesia makin sulit di dunia Internasional.

One Reply to “Bush datang, semua berang…”

  1. Ada orang ditolak karena kelakuannya yang bejat,
    itu biasa.
    Tetapi barangsiapa ditolak karena nama TUHAN YESUS, besar upah menanti di sorga.

    TUHAN YESUS ku pun ditolak dunia!!!

    Bush hanya ditolak di negara-negara yang memusuhi orang-orang kristen!

Leave a Reply