Menjalankan BBM di Windows Environment

BBM adalah aplikasi yang memang fenomenal, ketika Blackberry handheldnya makin turun penggunanya akan tetapi nasib BBM masih jauh lebih baik dari Blackberry dan ketika release di Android dan IOS, para pengguna setianya rela ‘antri’ untuk mendownloadnya.

Ketika BBM dilepas di perangkat lain, maka tantangan “improvisasi” pun muncul. Nah yang saya mau bahas pada saat ini adalah bagaimana supaya BBM bisa jalan di perangkat Windows dengan menggunakan aplikasi BlueStacks.

Aplikasi BlueStacks sebenarnya mirip dengan aplikasi Virtual Machine dari vmware. Intinya adalah bagaimana supaya Android OS bisa running di environment lain such as Windows.

bbmbluestacks

Secara pribadi saya menggunakan BBM di Windows, supaya saya bisa chatting dengan menggunakan keyboard termasuk copy paste link dari PC saya ke rekan-rekan saya yang ada di BBM. Mungkin, anda punya tujuan lain? Monggo dicoba step-step yang sangat mudah di bawah ini :

  1. Download dan Install Bluestacks. Anda bisa dapatkan softwarenya di http://www.bluestacks.com
  2. Jalankan aplikasi Bluestacks. Anda akan diminta untuk memasukkan google account anda untuk mengaktifkan Android devicesnya ala Bluestacks
  3. Untuk masuk ke Google Play, memang tidak ditemukan iconnya tetapi anda bisa masukan kata “BBM” pada field search Apps maka secara otomatis, Bluestacks akan membuka google play. Jika belum tersetup google accountnya maka google play akan meminta anda log in google account.
  4. Anda tinggal melakukan setup BBM dan masukkan ke BB ID anda.

Anda tidak bisa melakukan sign in ke multiple devices dengan menggunakan blackberry id yang sama (maksudnya dalam devices yang berbeda menggunakan satu blackberry id yang aktif bersamaan). Pada saat anda sign in di devices baru maka secara otomatis anda sign out di devices lama jika menggunakan satu blackberry id.

Meskipun sebenarnya saya mengharapkan Blackberry bisa memasukkan fitur itu pada update BBM yang akan datang. Anyway Selamat Mencoba

Reference :
http://www.blackberryos.com/content/how-use-bbm-your-pc-6732
http://www.berryreview.com/2013/10/21/faq-you-cannot-have-the-same-blackberry-id-on-two-phones-bb10-ios-android/

 

One Reply to “Menjalankan BBM di Windows Environment”

Leave a Reply