Mambo CMS

Orang awam biasanya mengenal Mambo adalah sebuah nama es yang biasanya dijual oleh penjual keliling di kampung-kampung. Tetapi ketika ditanya apakah Mambo dalam bidang TI? Maka tidak semua orang tahu atau bahkan beberapa orang yang berkecimpung di TI pun tidak tahu tentang Mambo.

Mambo yang dimaksud adalah sebuah web Content Management System (CMS) yang memungkinkan kita untuk membangun web secara cepat, mudah dan dynamis. Meskipun mambo belum dikenal secara luas seperti layaknya Windows atau Linux, tetapi di kalangan para web developer Mambo sangat dikenal luas karena kemudahan dalam instalasi dan kemudahan dalam penggunaannya.

Mambo pertama kali diperkenalkan dengan nama Mambo Open Source (MOs) dan sekarang hanya disebut Mambo. Mambo didevelop pertama kali oleh Miro Programmers pada tahun 2000. Karena perkembangannya yang sangat pesat maka dibentuklah sebuah wadah untuk research and development yang dinamakan Mambo Foundation yang bekerja sama dengan perusahaan dari Australia yaitu Miro serta dikeroyok oleh beberapa volunteers dan pecinta Mambo di seluruh dunia.

Sebenarnya saya masih tergolong baru mengenal Mambo sejak 2 tahun yang lalu, ketika saya bergabung di komunitas Ilmukomputer.com. Sejak pertama kali mencoba Mambo, saya langsung jatuh cinta padanya karena designnya yang menarik dan mudah penggunaanya.

Sampai tulisan ini diturunkan Mambo versi terakhirnya adalah Mambo 4.5.4, sedangkan Mambo 4.6 akan segera diluncurkan. Jika anda memang ingin mencoba Mambo ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum anda mencobanya :

1. System Requirement.
Apache (Version 1.3.19 ke atas)
MySQL (Version 3.23.x ke atas)
PHP (Version 4.2.x ke atas)
Pastikan sistem anda atau sistem di hosting anda (jika anda menggunakan hosting) memenuhi syarat di atas.

2. Security Issues.
Karena Mambo merupakan Open Source dan dipakai oleh semua orang maka tentunya kita harus rajin memeriksa security issues di forum-forum Mambo dan mempatch. Jika anda mengabaikan hal ini akan berakibat fatal bagi web anda.
Jika anda berminat untuk mendownload Mambo dan ingin mengetahui apa saja mengenai Mambo, silahkan anda mendownloadnya http://www.mamboserver.com, dan untuk informasi mengenai Mambo foundation anda bisa mengunjungi http://www.mamboserver.com.

8 Replies to “Mambo CMS”

  1. Mambo merupakan cms yang sudah populer, tapi kini terpecah menjadi joomla dan mambo sendiri. Dulu saya sering menggunakan mambo pertama kali belajar cms tapi sekarang tidak lagi. Mambo terlalu berat dan administrasinya membingungkan dan di desain untuk portal bukan cms. Sekarang saya memakai limbo (lite mambo), administrasinya sama dengan mambo cuma lebih ringan dan didesain untuk cms.

  2. saya pemulaa dalam dunia mambo, saya masi bingung dengan insert animasi, guestbook, dan lainnya di cms mambo. bagi-bagi ilmu mambonya donk dengan ku, kirim aja ke [email protected]. tolong ya aku berharap banget ni……..
    kalo ada artike ato apa yang bisa dibaca tolong kirim ke email ku yaaaaaaaaaaaaaaaa
    please aku mohon………..

  3. saya sudah berhasil menginstall mambo, tapi gimana caranya untuk melihat site default mambo. sy coba panggil dari browser misal http://localhost/mambo, yang muncul hanya tulisan besar mambo dan gambar bunga, engga ada link satupun disana gimana caranya ya ?

  4. Mohon maaf saya gak bisa membalas semnua emailnya. Untuk instalasi di website mambo sudah sangat jelas. Yang perlu diingat adalah infrastrukturnya harus benar-benar siap. Misal apakah Apachenya sudah terkonfigurasi dengan baik begitu pula dengan PHP dan MySQL.
    Jika infrastrukturnya sudah terkonfigure dengan baik maka sudah seharusnya Mambo akan bisa terinstall dan dapat langsung digunakan.

  5. heLo;.. selamat malam sebelumnya..

    sebelumnya saya ucapakan terimakasi banyak.. mohon petunjukny…
    klo bisa tolong gmn cara menghapus ataw ganti tulisan mambo yg ada di bagian atas itu> dan juga yg ada logo bunga warna orrange..
    saya sudah cb buka semua tp blm bs ketemu.

    tolong email [email protected]

    sekian permintaan saya. selamat malam.

    bali

Leave a Reply