Lotus Notes 8 Segera akan direlease

Rilis tersebut dilakukan dengan cara elektronik melalui distribusi dan dokumentasi fisik yang dijadwalkan pada 21 September 2008. Rilis Lotus Notes dan Domino 8 berbasis pada framework software open source Eclipse dan diintegrasikan pada platform anyar bernama Expeditor. Expeditor memungkinkan developer untuk menciptakan kode berbasis Eclipse untuk penggunaan dengan client yang dapat berfungsi pada Linux, Mac OS X, dan Windows.

Dalam catatan pra rilisnya, IBM mengatakan versi 8 ini akan menawarkan tampilan dan gaya serupa dengan web modern. Selain itu, terdapat sidebar yang menampilkan kontak, kilasan hari ini, RSS, dan feed Atom. Fitur lainnya meliputi kemampuan mengekspor dokumen ke bentuk PDF, peningkatan integrasi beragam direktori, penarikan e-mail, dan teknologi replikasi cluster terbaru.

Standar pemrosesan kata, spreadsheet, dan aplikasi tampilan juga terdapat di dalam rilis tersebut. Semuanya diklaim mendukung format OpenDocument serta SmartSuite IBM. Dalam aplikasi tersebut, juga tersedia pengecekan ejaan dan sejumlah perubahan untuk e-mail, kalender, dan pengaturan kontak.

[Sebagai tambahan dari saya Lotus Notes 8 sudah terintegrasi dengan Lotus Sametime yang pada versi sebelumnya tampilannya dan featurenya cupu sekali alias sederhana banget]

Sumber :

Widia Yurnalis

http://www.sda-indo.com/sda/news/psecom,id,17405,nodeid,1,_language,Indonesia.html

Leave a Reply