Lotus inotes a.k.a DWA juga bisa buat Nokia

Berterimakasihlah kepada IBM yang telah merelease Lotus Domino versi 8.5 yang sudah support mobile user. Selain feature pushmail pada Windows Mobile & Nokia sekarang versi terbaru ini juga bisa membuka webmail  melalui mobile.

Pada mulanya digembar-gemborkan, inotes (sebutannya) bisa dibuka oleh Ipod dan Iphone. Namun dengan sedikit tweaking yang merupakan tips dari rekan saya Gunawan Wicaksono http://gunawantw.wordpress.com/2008/09/10/lotus-inotes-ultralite-mode-nggak-cuma-buat-iphone-doang/ kita bisa membuka inotes melalui browser lain tidak terkecuali Nokia bahkan Blackberry sekalipun.

Caranya mudah. Pertama ikuti langkah-langkah yang diterangkan oleh teman saya tersebut (link ada di atas).

Nokia Inotes

Hanya bedanya pada kolom “Mobile Device User Agents Keywords”, anda bisa menambahkan “SymbianOS” supaya inotes bisa dibuka oleh handheld Nokia anda.

Untuk list lengkap user agent strings pada browser handheld bisa anda browse di http://www.zytrax.com/tech/web/mobile_ids.html

One Reply to “Lotus inotes a.k.a DWA juga bisa buat Nokia”

  1. Info berguna terutama tentang user agent string websitenya. Waktu di project saya yg lain saya harus buat page untuk capture stringnya.

Leave a Reply