Long time no see

Halo semuanya, lama tak berjumpa sejak terakhir saya menulis blog sejak tanggal 27 July 2010, sudah hampir setahun belum update blog, wow.

Hal ini diakibatkan karena kesibukan saya yang luar biasa akhir-akhir ini disamping juga urusan pribadi yang memang menyita waktu saya, meskipun demikian saya masih berusaha menyempatkan 5 menit untuk menurunkan tulisan ini yang mungkin berisi quick brief mengenai perkembangan tekhnologi, politik, internasional, dll yang berusaha saya rangkum selama setahun ini.

Untuk selanjutnya, saya usahakan untuk menurunkan tulisan lebih banyak lagi paling tidak minimal 1 bulan 1 artikel supaya blog saya tetap hidup. Dan terima kasih pula pada teman-teman yang sudah memberikan komentar bahkan memberikan saya input dan kritik mengenai tulisan saya terutama di page “Membuat bootable USB berbasis DOS” yang mendapat sambutan luar biasa dan di luar dugaan saya paling banyak dicari oleh para netter, meskipun saya menyadari tulisan itu sudah agak “old fashioned”.

Sejak setahun ini sudah banyak sekali perkembangan yang missed dari liputan saya meskipun saya terus monitoring dan membaca serta mengikuti perkembangan yang ada walaupun sangat sulit untuk dituangkan dalam tulisan. Berikut ini saya coba rangkumkan perkembangan terakhir selama setahun ini, meskipun saya yakin masih belum lengkap :

Tekhnologi :

1. Apple pada mulanya menguasai 100% pangsa pasar tablet dengan produk ipad nya. Saya masih ingat ketika launching product ini Steve Jobs mengatakan bahwa Netbook terlalu kuno dan ribet untuk digunakan sebagai komputer mobile, hal ini mengakibatkan pangsa pasar netbook semakin menurun apalagi dengan perkembangan Android di pasar tablet yang menggerus pangsa pasar ipad.

2. Secara mengejutkan Android menguasai pangsa pasar mobile OS di seluruh dunia disusul Symbian, IOS (Apple) dan Blackberry OS (RIM)

3. Secara mengejutkan pula, CEO Nokia Stephen Elop mengatakan bahwa Nokia yang akan datang akan menggunakan Windows Phone untuk menggantikan Symbian yang katanya sudah mulai usang.

4. IOS terbaru sudah sampai versi 4.3.3, Android pecah ke dua versi : Gingerbread (2.3) dikhususkan untuk smartphone dan masih open source, Honeycomb (3.1) dikhususkan untuk tablet diputuskan oleh Google untuk closed source.

5. Apple akan meluncurkan iCloud, cloud service yang menawarkan synchronize content iphone, ipad, mac, dll ke server Apple. iCloud akan tersedia di IOS 5.

6. Windows XP supportnya akan berakhir pada April 2014, siap-siap untuk migrasi Windows XP anda.

7. Windows 8 diumumkan akan muncul versi betanya pada tahun 2012, CEO Microsoft Steve Ballmer mengatakan Microsoft bertaruh besar atas berhasil atau tidaknya Windows 8.

8. Dalam satu bulan ini (sebelum lebaran) Samsung Galaxy Tab 10.1, Galaxy S2, ipad2, Blackberry Playbook menyerbu Indonesia. Kabarnya Samsung Galaxy Tab 8.9 akan dijual di Indonesia pada bulan Agustus. Indonesia merupakan negara pertama di Asia Pasifik selain Korsel yang mencicipi Samsung Galaxy Tab 10.1.

9. RIM merelease product Blackberry Enterprise Server Express untuk versi korporat dan bisa diunduh secara gratis.

10. Setelah gagal bernegoisasi dengan facebook mengenai rencana pembelian sahamnya, Google memutuskan untuk bersaing langsung dengan facebook dengan produk social networking terbarunya yaitu Google plus.

 

Politik :

1. Nazarudin Bendahara Partai Demokrat sampai sekarang tidak diketahui berada di mana setelah kabur dari Indonesia karena terkait kasus korupsi Wisma Atlet

2. SBY mengatakan tidak akan mencalonkan diri berikut dengan keluarganya termasuk istrinya dalam pemilihan presiden yang akan datang.

3. Prita diancam kembali dibui setelah MA mengabulkan kasasi kejaksaan agung.

4. Hanya gara-gara menjual ipad2, 3 orang  pemuda ditangkap polisi hanya gara-gara manual book berbahasa Indonesia tidak ada.

5. Wacana pemotongan subsidi BBM kembali mengemuka dengan pilihan antara menaikkan harga BBM atau melarang kendaraan pribadi mengisi premium.

 

International :

1. Demonstrasi menuntut demokrasi melanda timur tengah dengan facebook dan twitter sebagai medianya, dimulai dari Tunisia, Mesir, Yaman, Lybia, Syria serta Iran.

2. Presiden Mesir Hosni Mubarak, Presiden Tunisia Ben Ali turun dari jabatannya sebagai presiden.

3.  Lybia bergolak dari tuntutan demonstrasi untuk perubahan sampai ke arah pemberontakan yang didukung oleh NATO serta Amerika Serikat. Muammar Khadafi semakin kehilangan legitimasi sejak China dan Rusia menyatakan mendukung pemberontak.

4. Jepang dilanda tsunami setelah gempa mengguncang Jepang dengan skala 8.9 skala Richter, akibat gempa krisis nuklir terjadi karena terjadi kebocoran reaktor nuklir yang membuat ribuan orang keluar dari Jepang.

5. Salah satu koran tertua Inggris “News of The World” dinyatakan tutup setelah skandal penyadapan telepon terkuak ke publik yang menyeret pemiliknya Rupert Murdoch serta pemimpin redaksinya Rebekah Brooks ke polisi.

Itulah secuplik dari kilasan update selama setahun ini dan mungkin teman-teman semuanya juga sudah membaca dan mendengarnya, jika memang ada missed ataupun salah penuturan harap maklum.

Sampai ketemu di tulisan selanjutnya….

Leave a Reply