Dari ganti themes, sejarah blog gue sampai hak cipta

Akhirnya setelah dua hari kutak-katik wordpress dan merasa sreg dengan designnya. Saya putuskan kalau hari ini segala perubahan dan install plug in sudah selesai dilakukan.

Terakhir merubah design blog adalah waktu lebaran tahun 2007 kemarin ketika WordPress masih dirasakan jadrul berbeda sekarang WordPress ok banget karena sudah Web 2.0 yang disupport oleh AJAX (Amsterdam….hehee).

Menghormati Hak Intelektual dalam ngeblog

Nah pas mencoba untuk finisihing blog, tinggal menambahkan copyright pada footer themes, saya menemukan tulisan yang bernada memohon

“Please do not delete the credit lines, this theme is released for free under the GNU General Public License (GPL) requiring that the credits must stay intact. Thanks for understanding”

Saya langsung tertegun dan tak tega untuk menuliskan credit Design by Johanes Gunawan. Padahal kalau diganti toh pembuatnya juga gak bakal tahu? Tetapi kalau dipaksakan untuk mengganti credit, di manakah letak rasa malu saya karena saya hanya “menggunakan” bukan “membuat”? Itu sama saja dengan menjiplak hasi karya orang lain. Sudah syukur saya bisa menggunakan hasil designnya dengan gratis alias free.

Padahal kalau saya melihat blog-blog orang lain, saya yakin hampir 80% menggunakan theme yang siap pakai yang menggunakan GNU GPL yang artinya anda bisa menggunakan themenya gratis asal mencantumkan credit pembuatnya. Tetapi kenyataannya masih banyak blogger yang belum sadar akan pentingnya penghargaan HAKI.

Percuma kita berteriak lantang “Hormati Hak Cipta” jika kita tidak mencoba untuk menghormati hak cipta orang lain dimulai dari hal yang paling sepele seperti kasus saya ini.

Oleh karena itulah saya memutuskan untuk mencantumkan nama pembuat theme yang saya gunakan ini. “Thank for your theme, man!”

Sejarah gue ngeblog

Ternyata kalau diinget-inget lagi, saya sudah ngeblog sejak tahun 1999 jack! Waktu nama blog belum sepopuler sekarang. Dulu namanya masih beken dengan menggunakan Personal Homepage padahal sih menurut saya sama saja cuma beda istilah. Nama Blog itu lebih beken ketimbang Personal Homepage.

Untuk artikel pertama, ditulis pada tahun 1999 yang justru bukan bertopik mengenai IT tetapi justru mengenai Politik Luar Negeri yang berjudul Cina Super Power Asia. Oleh karena itulah banyak teman-teman mengatakan kalau saya salah jurusan (hehe3x).

Berikut hasil capture blog pertama saya yang untungnya sampai sekarang masih bisa diakses di http://johanesg.tripod.com, anda bisa lihat sendiri betapa ‘cupunya’ orang bikin web pada jaman dahulu.

Untuk full descriptionnya anda bisa lihat di http://johanesg.tripod.com.

One Reply to “Dari ganti themes, sejarah blog gue sampai hak cipta”

Leave a Reply