Bookmark Sync

Saya yakin bahwa teman-teman pasti akan menemui kesulitan untuk mensinkronisasi bookmark secara otomatis jika kita mempunyai browser lebih dari satu dan yang terinstall di berbagai macam PC atau operating system. Kesulitan itu misalnya ketika kita ingin menambah suatu link favorites pada browser IE maka bagaimana caranya jika link yang kita tambahkan pada browser IE akan otomatis akan bertambah pula pada bookmarknya Firefox, tanpa kita melakukan penambahan link secara manual atau melakukan import favorites dari IE ke Firefox? Atau bahkan secara otomatis pula bookmark tersebut up to date pada PC yang ada di rumah?

Jawabannya adalah bookmark synchronization, tetapi ini bukan sekedar synchronization pada browser yang sama tetapi sudah synchronization cross browser. Bookmark Synchronization yang sudah saya pernah coba adalah :

  1. Bookmarks Sync dari www.sync2it.com
  2. Zinkmo dari www.zinkmo.com

BookmarkSync

Kesan pertama dari software ini adalah decak kagum karena boleh dibilang mensupport synchronization hampir semua browser dari IE, Firefox, Netscape sampai Safari. Akhirnya saya memutuskan untuk menginstall software ini dan menjajal kehebatannya.

Pertama-tama kita harus mempunyai account Sync2it yang dapat diregistrasikan di websitenya www.sync2it.com. Registrasi diperlukan supaya kita bisa menyimpan bookmark di server yang nantinya akan berisi bookmark dari PC kita sehingga hal ini memungkinkan kita untuk melakukan sinkronisasi browser yang terinstall pada PC kita yang lain. Setelah itu download dan install softwarenya, kemudian masukkan user id dan passwordnya untuk synchronization.

Installasi yang mudah tidak serta merta membuat proses sinkronisasi menjadi mudah pula. Kendalanya akan ditemui jika kita ingin mensinkronisasi bookmark pada browser Firefox, kadang-kadang tidak update. Sebaliknya justru pada browser IE proses sinkronisasi terasa lancar. Proses sinkronisasi sync2it rasa-rasanya tidak sepintar proses sinkronisasi pada software sinkronisasi pocket pc pada Microsoft ActiveSync karena proses sinkronisasi gagal mencek perubahan yang terbaru pada bookmark browser.

Icon Sync2it pada taskbar akan berubah-rubah sesuai dengan keadaan proses. Misalnya jika proses selesai maka sinkronisasi akan berubah iconnya menjadi logo Sync2it tetapi jika proses masih jalan maka logonya akan berubah menjadi tanda upload atau download. Meskipun perubahan ini membantu user namun sayangnya informasi berapa persen progress ini berjalan

Zinkmo

Zinkmo merupakan program yang Synchronisasi yang boleh dibilang simple. Sayangnya Zinkmo sampai tulisan ini dibuat hanya support IE dan Firefox. Meskipun hanya 2 browser saya akhirnya memutuskan untuk menggunakan program ini karena synchronisasinya tergolong bagus dan bisa synchronisasi 2 browser sekaligus dan di beberapa PC.

Semuanya menjawab kebutuhan saya akan tetapi sayangnya Zinkmo Sync service yang berjalan tidak mampu melakukan ‘error trap’ dengan baik sehingga akan muncul error jika koneksi ke internet putus. Selain itu terkadang masih suka gagal synchronisasi meskipun masih jauh lebih baik ketimbang Bookmarksync. Sometime kita harus melakukan reset untuk mengulang proses sinkronisasinya.

Future Development
Bukan tidak mungkin di waktu yang akan datang akan muncul situs-situs berbagi bookmark seperti layaknya friendster (social networking) atau youtube (berbagi video). Situs yang sudah ada seperti http://del.icio.us/ (menyebut dirinya Social Bookmark) memang sudah dimungkinkan untuk berbagi bookmark tetapi tantangannya ke depan adalah bagaimana caranya untuk melakukan synchronisasi bookmark favorite hasil share dari internet, ke browser favorite kita? Bukan tidak mungkin ke depannya hal ini akan terjadi.

Leave a Reply