Bagaimana membangun web sendiri?

Enak rasanya jika kita bisa mempunyai web sendiri atau membangun blog sendiri. Bisa dikunjungi banyak orang sampai bahkan bisa menjadi lahan bisnis yang boleh dibilang passive income kita. Meskipun saya yakin hampir semua orang mempunyai mimpi seperti ini, tetapi bingung bagaimana untuk memulainya dan bagaimana caranya. Pertanyaan ini sering kali terlontar oleh para pemula yang ingin segera online. Sebenarnya untuk mempunyai web sendiri sangat mudah sekali dan tidak perlu memiliki pengetahuan komputer layaknya seorang professional

Nah, kurang lebih untuk membangun web sendiri ada dua metode :

>> Dengan menggunakan jasa hosting.

Menggunakan jasa hosting relatif sangat sederhana karena kita tidak perlu pusing memikirkan security dari sisi server. Hanya saja yang perlu dipikirkan adalah security dari coding web application kita dan tentunya uang yang cukup.
Adapun persiapan jika kita mau membangun web sendiri dengan hosting adalah :

  1. Tentukan dari sekarang, apa tujuan dan isi web yang akan anda buat? Untuk bisniskah? atau sekedar blog? atau mungkin hal yang lainnya. Apapun isi web yang akan anda buat, usahakan web anda dapat berguna bagi orang yang membacanya dan sifatnya unik. Percayalah web anda akan ramai dikunjungi orang dan bahkan anda bisa menjadi berkat bagi mereka yang membacanya.
  2. Belilah domain jika anda belum memiliki domain. Sebaiknya belilah domain yang berhubungan dengan isi webnya, supaya nyambung isi dengan alamatnya sebagai contoh jika anda membeli burung.com sebaiknya isi webnya mengenai jenis-jenis burung. Contohnya lagi jika menggunakan namasaya.com biasanya isinya mengenai blog kita. Saya menyarankan jika ingin membeli domain sebaiknya membeli langsung dari registrarnya seperti ke networksolutions.com, 4domains.com, yahoo.com, dsb. Supaya jika nantinya kita akan melakukan transfer domain, kita tidak direpotkan masalah transfer key seperti yang dialami oleh orang-orang pada umumnya. Selain itu tentunya lebih murah membeli dari registrar ketimbang dari reseller yang biasanya dijual oleh jasa-jasa hosting. Hanya saja jika anda membeli domain langsung dari registrarnya, harap jaga baik-baik user dan password anda, karena jika tidak anda bisa kehilangan domain anda.
  3. Carilah jasa hosting yang sesuai dengan kebutuhan anda dan yang terbaik. Nah untuk urusan pelayanan terbaik itu memang gampang-gampang susah. Tetapi ada beberapa guide untuk mencari jasa hosting :
    • Programming language yang akan anda gunakan. Apakah anda mau menggunakan php? asp? atau asp.net? Jika mau menggunakan php carilah jasa hosting yang menyediakan layanan PHP. Begitu juga sebaliknya jika menggunakan asp carilah hosting yang menyediakan layanan ASP. Sebagai referensi PHP sering digunakan oleh webber (sebutan saya untuk pembuat web) karena berdiri di atas sistem Linux sehingga lebih murah.
    • Database yang akan adan gunakan. Ini ada hubungannya dengan point 1 mengenai programming language. Jika PHP pasangannya biasanya MySQL atau Postgre SQL. Jika ASP biasanya menggunakan SQL atau Access (mdb). Atau mungkin bisa jadi anda mau menggunakan oracle? Tetapi yang terakhir ini teramat sangat jarang ditemui, jika anda menemuinya mohon isi komentar di bawah.
    • Ok saya sudah tahu programming language dan database apa yang akan digunakan. Tetapi jangan lupa ketersediaan control panel yang baik dan lengkap. Jika memang memungkinkan mintalah kepada jasa hosting untuk memberikan trial.
    • Harga murah tetapi bukan murahan. Ini jelas! Jangan ragu-ragu untuk membandingkan harga. Rajinlah googling di internet karena ada banyak jasa baik dari dalam maupun luar negeri yang menyediakan jasa hosting dengan harga terjangkau.
    • Jika web anda nantinya akan bakal dikunjungi oleh visitor lokal maka sebaiknya carilah jasa hosting yang lokal, akan tetapi jika sebaliknya visitor anda berasal dari luar negeri carilah jasa hosting dari luar negeri. Opsi yang terakhir ini sifatnya optional lah alias anda boleh ikut atau tidak, setuju atau tidak terserah anda.
  4. Konsep sudah ada, domain sudah ada, jasa hosting juga sudah ada. Sekarang bagaimana dengan isinya. Nah jika anda professional tentunya anda bisa langsung terjun ke dunia coding, tetapi jika anda tidak bisa coding, bagaimana? Jangan takut sekarang ini banyak sekali script-script jadi yang tidak memerlukan pengetahuan web language. Install dan tinggal pake. Kebanyakan istilah ini disebut Content Management System atau disebut CMS. Beberapa contoh CMS seperti mambo, joomla, wordpress, phpbb, phpnuke, dll dapat membantu anda untuk membangun web dengan wizard yang cukup ciamik.
  5. Promosikan website anda dengan berbagai cara entah email, iklan, atau mau pasang reklame di jalan juga boleh tetapi ingat jangan jadi spammer. Percayalah spammer dimusuhi banyak orang.

>>Tanpa menggunakan jasa hosting.

Opsi ini biasanya jika anda ingin mengelola sendiri secara full web anda. Ada banyak alasan para webber menggunakan opsi ini. Salah satu alasan utama adalah kemandirian dan fleksibelitas.

Ada beberapa tahap jika anda ingin mandiri hosting :

    1. Ikuti langkah yang diterangkan pada point sub point 1-2 pada point “Dengan menggunakan jasa hosting”
    2. Carilah layanan internet yang menyediakan ip public (static) paling tidak minimal 1 ip public dan tentunya layanan internetnya harus stabil karena kita tidak mau kan jika visitor membuka web kita bergoyang patah-patah.
    3. Belilah sebuah broadband router yang sudah include firewall dan ada access rulenya. Hal ini bertujuan untuk security. Bukalah port yang hanya diperlukan sebuah webserver (HTTP port 80, HTTPS port 443)
    4. Jika anda ingin membangun DNS sendiri silahkan anda mensetup DNS Server, untuk Windows menggunakan DNS untuk Linux menggunakan Bind. DNS ini nantinya berfungsi untuk meresolve dari nama domain ke ip public milik kita. Cara paling mudah adalah menggunakan jasa hosting dns yang biasanya disediakan oleh registrar tempat anda membeli domain. Anda tinggal memasukkan ip public untuk web ke dalam A Record dan memberi nama MX Record untuk resolving email.

Sebagai contoh : Jika anda mempunyai domain burung.com dan mempunyai ip public 222.123.251.23, maka :

untuk alamat website www.burung.com maka pada A Record silahkan isi 222.123.251.23

untuk email menggunakan mail.burung.com maka pada MX Record silahkan isi mail.burung.com kemudian pada A Record silahkan isi ip publicnya 222.123.251.23

  1. Nah karena anda tidak mau menggunakan jasa hosting, tentunya anda harus membutuhkan server untuk web applicationnya. Untuk server Windows menggunakan IIS, server Linux menggunakan Apache. Tentunya anda juga harus menginstall web programming languagenya.
  2. Supaya aman webserver anda buanglah atau non aktifkan service-service yang tidak diperlukan.
  3. Jelas anda harus promosi tetapi lebih penting lagi rajin-rajinlah untuk mempatch dan memonitor server anda. Ingat tidak ada sistem keamanan yang 100% sempurna kecuali cabut kabel LAN anda.

Berdasarkan pengalaman-pengalaman rekan-rekan webber yang sudah online termasuk saya sendiri adalah sering ditemukannya masalah konsistensi untuk mengupdate isi webnya sendiri. Sebenarnya jika anda ingin berhasil membangun web yang dikenal dan bermanfaat bagi semua orang kuncinya adalah hanya satu :

“Rajin-rajinlah untuk mengupdate website”

Anda rajin mengupdate, memaintain dan mengembangkan ditambah promosi, percayalah web anda akan dikenal orang banyak dan bisa saja anda menjadi ‘the next idol in the net’ akan tetapi jika promosi gencar tetapi adminnya malas-malasan maka orang-orang juga akan malas-malasan melihat web kita.”

Saya lampirkan juga sedikit referensi yang mungkin membantu anda. Selamat mencoba. Go Online dan sukses!

Segala kritik, saran, pujian atau mungkin hujatan saya terima dengan lapang dada tentunya melalui jalur hukum yang sesuai yaitu melalui komentar.

Referensi :

Top 10 web hosting Indonesia : http://www.webhosting.info/webhosts/tophosts/Country/ID
Mambo CMS : http://mamboserver.com/
Joomla CMS : http://www.joomla.org/
phpbb Buletin Board : http://www.phpbb.com/
phpnuke Buletin Board : http://phpnuke.org/
PHP : http://www.php.net/
MySQL : http://www.mysql.com/
Web Building Tutorials : http://www.w3schools.com/

21 Replies to “Bagaimana membangun web sendiri?”

  1. dear johanes.org,

    saya pemula yang benar-benar awam tentang dunia web. hanya saja saya tertarik untuk build personal web diluar blog. saya sudah mencoba untuk mendownload dari mambo. tapi hanya saja saya bingung langkah untuk memulai membuatnya. mohon tuntunannya. salam.

  2. Mas Handy, untuk masalah Mambo, untuk cara installasi mambo anda bisa kunjungi Mambo Forum di website http://www.mamboserver.com. Installasi Mambo sangat mudah hanya saja anda harus mempersiapkan requirement yang diperlukan seperti PHP, Apache dan MySQL. Gak mau pusing yaa silahkan menggunakan jasa hosting. Tinggal upload dan install & ikuti step-stepnya. Sama sekali gak perlu pengetahuan PHP.

    Semoga informasi ini berguna buat mas Handy dan yang lainnya.

  3. Mas Handy, wah bagus banget nih tutorialnya, saya mau nanya, Saya punya Server HP ML150, rencannya untuk Server Web, Saya menggunakan Speedy, Kalo memesan IP Public itu sama siapa? trus gimana menghubungkan dengan Server kita. Terima kasih atas informasinya

  4. Ass..mas handy..saya mau tanya seputar website..
    ya,,bisa dibilang saya ini pemula soal web..
    saya kuliah di salah satu perguruan tunggi negeri dan saya mengambil jurusan web desaign..
    dlu wkt kul saya p’nh bljr mendesaign web dgn menggunakan program web page maker tu dlm bntk file html dan wkt saya rubh ke dreamever MX ke file php kok g bs y???
    trus ad contoh2 untuk m’bwt desaign web g???
    saya bngng klo ngedisaign web tu trus ada program yg bgus g utk desaign web???
    cara meng onlainny gmn???
    mksh y….

  5. kalo anda pengin membuat design (bukan codingnya) web yang OK + interactive, anda bisa menggunakan photoshop. Dari photoshop ada tool2 untuk merubah format design yang sudah kita buat ke format *.html. Setelah itu anda tinggal mengisi mesin codingnya (bahasa pemrograman-red) supaya lebih hidup (dynamic) webnya.

    Untuk coding mesin2nya (jsp,php,html,js,asp,dll)bisa dilakukan di Dreamweaver juga, setelah file photoshop di convert ke format *.html

    Regards….

  6. Hosting ada bermacam-macam, yang peling banyak digunakan adalah virtual (shared) hosting. Dimana didalam satu server terdapat banyak hosting (salah satunya milik anda) dan terdapat banyak domain. Biasanya hosting yang satu ini yang paling banyak digunakan, biayanya juga lebih murah. Free Hosting, nah kalau yang ini merupakan hosting gratisan, anda tidak perlu membayar apa-apa tetapi biasanya akan banyak iklan yang muncul pada website anda dan anda tidak bisa memiliki domain sendiri. Dedicated Hosting, nah yang ini merupakan solusi yang paling mahal. Karena anda memiliki server sendiri dan dalam satu server tersebut hanya ada satu hosting dan domain milik anda. Anda memerlukan tenaga ahli untuk merawatnya. Collocated Hosting, yang satu ini juga solusi yang mahal, sama seperti memiliki server sendiri dikantor / rumah anda, tetapi pada Collocated Hosting servernya terletak diperusahaan hosting dan mereka yang merawatnya.

  7. saya mempunyai speedy unlimited, apakah saya bisa menggunakan alamat speedy saya sebagai server? artinya alamat ip speedy saya dijadikan server yang terhubung dengan komputer saya, sehingga dapat diakses oleh orang2 lain

    semoga pak johannes dapat membantu saya.

  8. saya ingin sekali punya personal web, tapi beberapa kali nyoba ngehosting web yang udah saya buat gagal terus.dan itu saya lakukan pada layanan p0enyedia hosting yang gratis.gimana solusinya, ya?mohon petunjuknya.

  9. kalo speedy di jadiin webserver buat saya satu pilihan yang kurang tepat mengingat speedy uploadnya BW sangat kecil.
    saya bisa saran langganan ke ISP wifi

    kalo untuk buat blajar yah ngga ada masalah

  10. Mas Jo,
    Saya sedang mencoba membuat website sendiri melalui multiply apakah media tsbt dapat membuat website kita komersil.
    tks

    Bisa saja meskipun dengan option yang terbatas dan tak sehebat CMS

  11. Halo koko,

    Rey kemaren udah beli domain nih u/ blog rey, tapi bingung nyeting nya… please guiding nya dong step by step ko…
    masih binun yang tentang DNS & set up nya,
    kalo ip udah dapet dari penyedianya..

    Makasi ya ko..
    matur nuwun… & di tunggu infonya
    gak pake ” L ” = Lupa..
    hehe ^^)v piss..

  12. kalau ip nya dinamis tetapi menggunakan dynamic dns dari dyndns saya bisa.tapi kalau ip nya berubah kita harus update (sinkronisasi ke dyndns nya).

    nah sekrang saya ga berhasil untuk buat mail server nya.untuk local berhasil..tapi untuk kirim keluar masih belum.saya pakai speedy yang Rp.175ribu/bulan

    pernah punya pengalaman ga untuk buat mail server di windows dengan ip dynamic?

  13. trim’s bgt ya mas ats tutorialnya….
    tp sy agk sdikit bingung neh… maklum ja sy msh awm ma dunia web…
    kl g’ kebertn bs g’ mas krm tutorialnya yg agk lebih rinci…& mdh dphmi.. ke e-mail sy?

    [email protected]

    salam,

  14. I thaught our nice peoples around me, but they like little bunny wearing wolf feather… so what’s out with this kind friends…. can harm you easily w/o you notice at all….

  15. mas johanes,,saya juga mau tanya gimana kalau kita membangun web server pakai aplikasi server glassfish dijava,? mohon bntuannya mas. makasih

  16. ip publik diberikan oleh telkom untuk pelanggan yang berlangganan dengan tarif khusus.

    bagus sekali tutorialnya, saya sudah mencoba membangun server sendiri, namun saya sangat sarankan kepada teman2 gunakan dulu hosting berbayar karena murah dll, setelah kita mempunyai bisnis yang bagus atau kita yakini bagus baru perlahan2 kita membangun server sendiri. tinggal mengalihkan domain aja, tks

Leave a Reply