Membuat bootable USB berbasis DOS

Removeable bootable disk pertama kali diperkenalkan melalui media floopy disk. Akan tetapi sejak pesatnya perkembangan tekhnologi media penyimpanan maka selain CD, sekarang USB merupakan bootable disk yang sangat portable dan sering digunakan.

Membuat bootable disk dengan menggunakan floppy boleh dikatakan sangat mudah karena tools yang disediakan cukup banyak. Sebagai contoh anda bisa mengunjungi http://www.bootdisk.com, karena di sini banyak sekali image siap pakai yang bisa digunakan dan use just one click.


Akan tetapi bagaimana membuat bootable USB apalagi saat ini floopy disk sudah mau punah dari dunia persilatan dunia TI. Sekali lagi saya ingin mengingatkan ini hanya merupakan cara yang boleh dibilang cepat dan mudah bagi kaum awam untuk membuat bootable USB berbasis DOS. Untuk bootable berbasis Windows XP jika memungkinkan akan saya bahas di topik lainnya.

Saya memiliki 2 option :

  1. Memiliki floppy disk.
  2. Tidak memiliki floppy disk.

Selamat mencoba…

Kalau memang ada cara yang lebih gampang lagi silahkan post comment anda…

88 thoughts on “Membuat bootable USB berbasis DOS”

  1. Bos, saya punya problem, Net book saya eror setelah resize partisi, jadi kgak bisa masuk windows.saya udah pake software tsb tapi hanya bisa masuk prompt c:\ tidak detect harddisk (NTFS) mungkin ada DOS (utk bootable USB) yang bisa masuk ke hardisf dgn file NTFS ?
    atau gmana yach, supaya boootable windows XP bisa bootable di USB adn bisa install
    thx atas bantuannya

  2. Aku dah coba… ternyata gak berhasil. Katanya :
    “There are no valid DOS system files at the specified location”
    itu napa ya kok bisa gagal?
    Thanks before….

  3. mau tanya
    Setting di BIOS netbook saya saat di klik tab Booting netbook langsung freeze layarnya. kalo menu lainya bisa tapi begitu di klik tab Booting langsung hang.
    apakah BIOS nya rusak atau kena virus?

  4. @sahabat buku : kemungkinan besar anda harus update bios atau coba ditanyakan ke tempat vendor anda membeli netbook.

  5. thx bro, dah SUKSES tuh cara na, hardisk lepi ane ga bs di format pake aplikasi sejenis partition magic gt, kudu lewat command prompt, dan skg jrengg jrengg berhasill

  6. Komputer saya cuma bisa login lewat administrator tapi setiap kali login masuk ke tampilan desktop trus balik lg ke login awal. autoplay mmg sdh saya off dulunya. gimana cara on kan lg autoplay nya? Mohon bantuannya. tkhs.

  7. Bang Tolongin Gue Donk…
    PC gue gagal update BIOS,, skrang ngga mau booting lagi,, gimana solusinya tanpa ganti MotherBoard,,

    kan udah gga’ bisa booting lagi karena BIOS nya udah hilang karena gagal update,, apa bisa boting lewat CD or USB agar bisa melakukan update BIOS..???
    Tolong Ya,,,
    MotherBoard punyaku Intel DH67BL

  8. Mas Wawan, untuk boot lewat USB, CD maupun harddisk tetap memerlukan BIOS. Jika Bios gagal update biasanya BIOS memang bisa hilang, mending dibawa saja ke service center untuk pengisian manual (biasanya replacement BIOS chip). thx atas komentarnya

Leave a Reply